Nules-nules tentang Bencana

Bencana menurut kamus bahasa Indonesia adalah sesuatu yang menyebabkan (menimbulkan) kesusahan, kerugian, atau penderitaan. Bencana ini biasanya berhubungan dengan alam. Beberapa bencana yang pernah terjadi di Indonesia yaitu : gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus, angin puting beliung, dan banjir. Bencana disebabkan oleh dua sebab yaitu perilaku alam semesta, dan perilaku manusia.

Bencana karena perilaku alam semesta contohnya yaitu : gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus, dan angin puting beliung. Bencana ini kita tidak bisa mencegahnya tapi bisa meminimalisasi dampaknya. Pencipta alam semesta memberikan akal dan kecerdasan kepada manusia untuk menciptakan solusi dan cara untuk meminimalisasi. Bencana yang disebabkan karena alam ini adalah sebuah ujian untuk manusia semua, semoga dengan ditimpa bencana ini manusia menjadi lebih sabar, dan instropeksi diri untuk lebih bersahabat dengan alam.

Bencana karena perilaku manusia contohnya yaitu banjir. Banjir terjadi karena manusia yang tidak bersahabat dengan alam. Alam dikuasai secara membabi buta. Hutan ditebangi, bukit-bukit dikepras, dataran tinggi digunakan untuk hunian. Drainase yang buruk menyebabkan banjir meluber ke rumah-rumah dan jalan raya. Seandainya saja manusia mau lebih peduli lingkungan, mau lebih memanusiakan alam semesta, tentu akibat banjir tidak akan separah seperti yang diberitakan di koran-koran.

Pencipta alam semesta menimpakan bencana kepada manusia agar manusia kembali sadar dari membabi buta meng-eksploitasi alam semesta, kemudian kembali bersahabat dengan alam semesta.

sumber gambar : suaramerdeka.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s