Terapi Ibadah

Cover Terapi IbadahTerapi ibadah? hhmmm. Aku baru mendengarnya pertama kali. Karena ketertarikan dan keingin tahuan itulah aku membaca buku ini. Dari sisi desain cover juga menarik.

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. (QS 17 : 82)

Dari ayat di atas penulis menyimpulkan jika Al-Qur’an sebagai sarana penyembuhan. Di bab-bab awal, penulis juga membahas tentang makna sakit, penyakit, dan makna kematian. Karena penulis memandang dengan memaknai sakit, penyakit dan kematian itu sangatlah vital dalam proses penyembuhan.Rasa sakit harus diterima, jangan sampai energi kita terkuras hanya untuk menyesali sakit yang datang menyerang. Yang harus kita lakukan adalah untuk segera memaafkan penyakit itu. Memaafkan bukan berarti membiarkannya terus ada dalam tubuh tapi menyuruhnya pergi dari tubuh kita. Jangan biarkan penyakit itu mendzalimi diri kita.

Buku terapi ibadah ini berdasarkan pada konsep Religiopsikoneuroimunologi. Apa itu? Konsep yang memaparkan keterkaitan antara agama, psikis (jiwa), neuro (saraf), dan imun (kekebalan tubuh). Karena pada dasarnya manusia itu makhluk religius yang berjiwa dan beraga.

Agama mempengaruhi jiwa, jiwa mempengaruhi tubuh. Dengan beragama manusia menjadi lebih bijaksana dalam memaknai hidup. Dengan agama jiwa manusia tidak kosong. Jiwa yang beragama berarti unsur di dalam tubuhnya tidak keropos.

Membaca buku ini bagiku seperti membaca sebuah karya filsuf, penuh dengan kata-kata mutiara. Aku juga harus membacanya berulang-ulang untuk memahami materi yang disampaikan penulis.

Di dalam buku ini juga membahas sisi teknik tentang kedokteran, seperti organ yang termasuk dalam pertahanan tubuh, sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Ada juga bahasan tentang penyakit-penyakit yang berhubungan dengan stres. Jadi penyakit apa saja yang dipengaruhi oleh stres.

Di bab tiga. Penulis menjabarkan tentang bagaimana sehat dan sembuh dengan menjalankan rukun islam yang lima. Syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. Contohnya, jika kita mengucapkan syahadat dengan penuh penghayatan akan membawa ketenangan dan lebih jauh lagi efeknya akan membuat kita sehat.

Di dalam buku ini juga disertakan sebuah CD MP3 cara-cara terapi ibadah yang sudah dituliskan dalam buku.

Dengan membaca buku ini kita akan semakin mengerti tentang keutamaan Al-Qur’an sebagai sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan. Buku ini sudah tersedia di situs ini : http://daharaprize.net

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s