Semarang Kotaku

Semarang adalah pusat pemerintahan jawa tengah, termasuk salah satu kota besar di Indonesia. Letaknya sangat strategis karena berada di jalur lalu lintas perdagangan antar kota. Sebagai penanda kota Semarang adalah Tugu Muda.Warga Semarang berprofesi di berbagai bidang pekerjaan, penduduk Semarang beraneka ragam etniknya. Semarang dikenal pula sebagai kota loenpia karena makanan ini adalah makanan khas kota semarang. Sebenarnya bukan cuma loenpia makanan khas kota Semarang, tapi makanan yang terbuat dari gandum dengan isi rebung, ikan, udang dan lain-lain ini adalah yang paling terkenal.

Semarang adalah kota industri, ini dibuktikan dengan banyaknya kawasan industri. Tapi ini bukan berarti Semarang tidak mempunyai tempat bersantai dan berekreasi. Ada banyak tempat rekreasi yang bisa dikunjungi di Semarang. Dimulai dari ujung barat kota Semarang kita bisa mengunjungi taman lele di kecamatan Tugu, Gua Kreo di kecamatan Mijen, dengan wisata alamnya yang berupa gua dan juga kera-kera yang menjadi penghuni tempat ini. Semarang juga memiliki tempat wisata pantai yaitu Pantai Marina namanya. Masih berdekatan dengan Pantai Marina, tepatnya sebelum memasuki pantai, kita bisa berkunjung ke Taman Mini Jawa Tengah, Maerokoco. Taman ini merupakan replika bentuk rumah ataupun replika lain yang menjadi ciri daerah tersebut.

Semarang juga mempunyai tempat wisata budaya, ada kota lama dengan bangunan kuno peninggalan Belanda, tempat ini sering dikunjungi oleh turis manca terutama dari Belanda dan Jepang. Kemudian ada kuil Sam Poo Kong yang megah di jalan Simongan. Bentuk bangunannya merupakan perpaduan antara Joglo untuk bentuk atapnya, sedangkan pernik-perniknya adalah meniru model Tiongkok. Satu lagi yang baru diresmikan sebagai situs budaya adalah Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid ini peresmiannya dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini bagi umat muslim selain sebagai tempat sholat juga dijadikan sebagai tempat wisata budaya, disini kita bisa melihat keagungan dan kemegahan sebuah masjid. Disini kamu juga bisa melihat seluruh penjuru kota Semarang dengan menggunakan teropong yang ada di menara Al-Husna. Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Semarang adalah mengunjungi Museum Rekor Indonesia ( MURI ), karena museum ini adalah satu-satunya di Indonesia.

Setelah lelah berwisata, pada malam hari kamu bisa mengunjungi Simpang Lima dan sekitarnya untuk memanjakan lidah, menikmati hidangan yang disajikan resto mewah sampai pedagang makanan yang menjajakan makanannya di pinggir jalan. Sebenarnya tidak mesti malam hari mengunjungi Simpang Lima, siang hari juga bisa tapi pada malam hari pilihan makanannya lebih beragam. Untuk oleh-oleh kamu bisa menyambangi kawasan jalan Pandanaran, tempat ini masih satu kawasan dengan Simpang Lima. Disini banyak tersedia makanan khas kota Semarang dan tentu saja loenpia ada disini.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 19 April 2007, in relaks. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Bila tamu wisatawan mau bermalam di Semarang, silahkan menginap di Wisma Sakinah Phone 024-7623460 atau visit : http://wisma-sakinah.com

    Suka

  2. kaLu aDa inFo LaGi ttg BUDAYA, MAKANAN KHAS, atau SENI KHAS seMaRaNG, pLis kaSi gw URL nYa yah~!!!

    gW buTuh seGeRa, sBLum juMaT 4 apRiL 08

    ~~tHx~~

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s