Banjir atau Kebanjiran

Banjir sebenarnya adalah hal yang biasa. Kalau ada hujan ataupun tidak kemudian air di sungai dan  selokan-selokan meluap dan warna airnya kecoklatan itu namanya banjir. Kemudian yang jadi masalah adalah jika banjir itu menggenangi pemukiman penduduk. Maka bisa dikatakan pemukiman penduduk tersebut kebanjiran.

Mengapa bisa terjadi kebanjiran. Yang pasti karena sungai-sungai atau selokan-selokan tidak bisa menampung seluruhnya air yang meluap sehingga air banjir tersebut menggenangi jalan-jalan dan pemukiman penduduk.

Mengapa sungai-sungai atau selokan-selokan tidak bisa menampung luapan banjir ? Ada banyak sekali penyebabnya. Ketika masih di bangku sekolah, guruku mengatakan bahwa penggundulan hutan dan perbukitan bisa menyebabkan banjir yang besar jika hujan turun. Ini terjadi karena air hujan yang turun tidak terserap seluruhnya ke dalam tanah. Yang berfungsi sebagai penyerap air adalah pohon-pohon yang ada di hutan atau perbukitan. Semakin sedikit pohon yang ada di hutan atau perbukitan maka semakin sedikit juga air yang terserap ke dalam tanah. Atau bisa dikatakan semakin banyak air yang mengalir ke sungai-sungai. Karena sungainya kecil sedangkan air yang mengalir ke sungai begitu banyaknya sehingga sungai tidak bisa menampung seluruh air yang mengalir sehingga air yang meluap tersebut mengalir ke pemukiman penduduk.

Lalu bagaimana solusinya ? Pertama, hinadri penggundulan hutan dan perbukitan. Hutan dan perbukitan sangat besar sekali perannya bagi manusia selain sebagai penyerap air hujan agar tidak terlalu banyak air yang terbuang ke sungai, juga menyediakan ketersediaan air dikala kemarau, selain itu hutan dan pohon-pohon di perbukitan berfungsi sebagai paru-paru kota. Mengolah karbondioksida menjadi oksigen untuk bernafas manusia. Kedua, buat sungai-sungai atau selokan-selokan seperti sebuah jalan tol, jalan bebas hambatan bagi air yang mengalir. Buat sungai dan selokan agar bisa menampung seluruh air yang meluap dengan melebarkan atau mendalamkan sungai atau selokan.

Itu solusi menurut caraku. Kalau menurut kamu bagaimana ?

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 3 Januari 2008, in opini. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Setuju Pak…
    Banjir hampir di seluruh wilayah nusantara saat ini akibat penggundulan hutan yang fantastis…
    Akibat ulah para cukong kayu….. prihatin..prihatin….
    Salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s