Lelang Proyek/ Pengadaan Barang

Pada berita di koran atau televisi pernah diberitakan bahwa jembatan yang masih dibangun roboh, dari Semarang juga pernah ada berita jembatan yang baru tiga hari jadi sudah rusak, aspalnya mengelupas dan berlubang-lubang. Ada juga terminal yang baru beberapa bulan digunakan roboh atapnya. Mengapa fasilitas-fasilitan umum tersebut bisa dengan cepat rusak.
Semua itu terjadi saya kira karena sistem lelang yang diterapkan pemerintah selaku pengambil kebijakan. Bagaimana tidak pemenang lelang adalah mereka yang bisa memberikan harga yang terendah untuk pembangunan fasilitas umum tersebut. Bagaimana bisa dihasilkan bangunan atau barang yang berkualitas dengan biaya rendah, yang terjadi adalah pembangunan yang tidak sesuai dengan standar kualitas. Pemenang lelang tentu tidak ingin rugi maka mereka membangun sesuai dengan harga lelang setelah dikurangi keuntungan yang mereka inginkan. Jadilah dengan dana minim dihasilkan bangunan yang minim kualitas. Maka beberapa hari atau beberapa bulan kemudian bangunan tersebut rusak.
Kejadian-kejadian tersebut akan terus terulang jika pemerintah tidak mengubah sistem lelang. Seharusnya lelang dilakukan tidak memenangkan mereka yang mampu memberikan harga terendah tapi memenangkan mereka yang mampu memberikan kualitas dan garansi. Harga mahal sedikit saya kira tidak masalah asal dihasilkan fasilitas masyarakat yang berkualitas. Itu kalau pemerintah peduli dengan masyarakat. Saat ini sepertinya para oknum aparat suka mencari keuntungan dari lelang proyek tersebut.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 22 Januari 2008, in opini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s