PTKP akan naik

Rencananya pemerintah mau menaikkan Penghasilan Tidak Kena Pajak ( PTKP ), rencana itu sih aku tanggapi biasa-biasa saja soalnya aku belum nyampai penghasilannya untuk di potong pajak. Untukberitanya bisa di baca di bawah ini :

PTKP Naik Menjadi Rp. 15,8 Juta
Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pajak Penghasilan atau RUU PPh akhirnya menuntaskan pembahasan lima isu krusial dan alot. Salah satu isu genting adalah penetapan penghasilan tidak kena pajak atau PTKP yang naik dari Rp 13,2 juta per tahun menjadi Rp 15,84 juta per tahun.
Ini ditetapkan untuk memberi keringanan bagi wajib pajak yang selama ini tertekan oleh lonjakan laju inflasi.

“UU PPh yang baru akan segera disahkan dalam sidang paripurna DPR secepatnya,” ujar Ketua Panitia Khusus Paket RUU Perpajakan Melchias Markus Mekeng, Sabtu (12/7) di Jakarta.

Lima isu yang ditetapkan dalam rapat terakhir panitia kerja tersebut, selain ketentuan baru PTKP, adalah insentif bagi perusahaan go public (mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia/ BEI), ketentuan baru mengenai zakat, tarif baru bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pengetatan pajak pada beberapa sumber penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Istri dan anak

Dalam isu PTKP, selain menaikkan PTKP bagi wajib pajak utama (atau orang yang bekerja dalam sebuah keluarga), panitia kerja juga menaikkan PTKP tambahan bagi istri dan anak (maksimal ditanggung tiga anak), yakni dari Rp 1,2 juta per tahun menjadi Rp 1,32 juta per tahun. Dengan demikian, PTKP maksimal yang dapat memotong pembayaran PPh adalah Rp 21,12 juta per tahun atau naik dari ketentuan semula, yakni Rp 18 juta per tahun.

PTKP merupakan batas penghasilan yang diperbolehkan untuk dibebani PPh. Jadi, dengan keputusan baru ini, semua orang yang memiliki penghasilan maksimal sebesar Rp 15,84 juta per tahun tidak akan ditagih PPh. Namun, jika wajib pajak memperoleh penghasilan Rp 20 juta per tahun, petugas pajak akan mengenakan PPh atas selisihnya, yakni Rp 4,16 juta (Rp 20 juta-Rp 15,84 juta).

sumber : Kompas

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 29 Juli 2008, in Catatan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s