Nasionalisme

Kalau saat masih masa perang memperoleh kemerdekaan dan saat mempertahankan kemerdekaan dari upaya penjajah untuk kembali menjajah. Menunjukkan nasionalisme adalah ikut berperang melawan penjajah.
Tapi bagaimana kita menunjukkan nasionalisme setelah kita benar-benar terbebas dari penjajahan secara fisik ini (karena menurutku, sebenarnya kita belum benar-benar merdeka) ? Sebuah pertanyaan yang menurutku dilematis untuk menjawabnya. Aku ingin menjawab “menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa”, tapi apalah daya, pendidikan terlalu mahal untukku sehingga aku tidak bisa mewujudkan cita-citaku. Kalau ada yang bilang, berkarya sesuai dengan kemampuan. Bisa apa aku? aku hanyalah seorang pengangguran.
Aku ingin menunjukkan nasionalisme dengan mencintai dan memakai produk dalam negeri, tapi berapa banyak produk dalam negeri yang berkualitas? atau sebenarnya banyak produk dalam negeri yang berkualitas tapi karena terlalu mahal jadinya ditinggalkan. Aku ingin mencintai produk dalam negeri tapi mana yang produk dalam negeri aku tidak tahu.
Aku ingin menunjukkan nasionalisme dengan melestarikan budaya indonesia, tapi serbuan budaya luar negeri tampaknya lebih memesona dan menggiurkan untuk dipelajari. Budaya indonesia mulai tersingkir, aku ingin melestarikannya tapi pengetahuanku sangat minim, di sekolah pelajaran tentang budaya juga tidak ada, yang ada hanya sejarah, penyampaiannya pun sangat kaku membuat semua siswa jadi ngantuk.

Bagaimana sih sebenarnya menunjukkan nasionalisme..??

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 18 Agustus 2008, in opini and tagged . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Apakah nasionalisme ada hubungannya dengan nasi..??

    Suka

  2. Menurutku kita menunjukkan nasionalisme dengan selalu mengembangkan diri kita sendiri sesuai bidang kemampuan kita dan dengan cara yang bersih. Kalo kita pengusaha, ya carilah uang sebanyak-banyaknya dengan cara bersih. Kalo kita pelajar, carilah nilai sebaik-baiknya tanpa mencontek. Dengan mengembangkan diri kita sendiri, kita sudah membantu bangsa.

    Suka

  3. aduh topiknya berat,,hehe no comment deh,,

    bukan ngilang kok bro, tapi lagi mantepin cari tambahan duit di inet aja makanya jarang terlihat di milis

    Suka

  4. ika : Oo…gitu tho

    Suka

  5. nasionalisme itu ikut nduweni negara ini..masalah budaya n produk luar yo kita terima wae apa adanya. lha wong kita punya pancasila jeh. nek iso nerapke kui insyallah nasionalisme terjaga..

    “komen opo aku iki”……….kabuurrrr…………..

    kunjung semarang yukkk via :
    http://indradhani.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

