Korupsi Tetap Jalan

Sehari KPK tangkap delapan tersangka korupsi. Ternyata, sekian lama anti korupsi didengang-dengungkan masih juga oknum-oknum tidak bertanggung jawab melakukan korupsi. Lalu harus bagaimana lagi caranya agar korupsi tidak terjadi lagi? Kalau menurutku sulit untuk menjawabnya karena korupsi tidak bisa diberantas tuntas, selama perut masih butuh makan, selama keinginan harus dipenuhi. Korupsi masih akan tetap dilakukan kalau ada kesempatan. Korupsi hanya bisa ditekan pertumbuhannya. Melihat berita akhir-akhir ini tampaknya korupsi tidak berkurang, malah bertambah banyak. Atau karena baru terungkap ? Mungkin saja.

Korupsi itu bisa terjadi karena kekuasaan atau karena ada kesempatan ? Menurutku sih karena ada kesempatan untuk melakukan korupsi. Punya kekuasaan kalau tidak punya kesempatan juga tidak bisa untuk korupsi, sedangkan tidak punya kekuasaan tapi ada kesempatan dan kelemahan sistem sehingga memungkinkan untuk korupsi. Lalu apa yang bisa mencegah seseorang tidak korupsi ? Sistem yang ketat, baik sistem informasi akuntansi maupun sistem informasi managemen dan juga peraturan yang jelas. Satu lagi yaitu pribadi seseorang, kalau punya bakat korupsi ada kesempatan pasti korupsi.

Dan ternyata, di Indonesia walaupun telah banyak pelaku korupsi di hukum, bakat-bakat terpendam korupsi terus bermunculan.
di hari blogger ini, aku ingin mengingatkan diri sendiri untuk tidak terjebak dalam budaya koruptif, walaupun itu mungkin sangat munafik. I JUST BOGGED TODAY
banner peringatan hari blog

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 27 Oktober 2008, in korupsi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. korupsi memang susah diberantas *pengalaman pribadi dikantor* apalagi didalam “arus deras”.

    Suka

  2. betul …memang krn kesempatanπŸ˜›

    Suka

  3. USUL: KORUPTOR HUKUM MATI!!!!

    Suka

  4. Ironinya, banyak diantara yang korupsi itu dulunya para aktivis mahasiswa yang mendemo koruptor sampai berbusa-busa.

    Suka

  5. godaan korupsi itu emang enak…

    la gimana dong?

    Suka

  6. korupsi tidak hanya terjadi karena niat pelakunya,, tapi juga karena ada kesempatan..
    waspadalah ! waspdalah !!

    Suka

  7. angkat koi jadi menteri urusan korupsi

    Suka

  8. jadi inget acara debat calon kandidat walkot bogor… yang katanya mau memberantas korupsi… dan brani mundur…

    begitu ditanya kalo masi ada aja korupsi apa masi mau mundur…

    malah njawabnya… “ya kalo masi ada sdikit-sdikit wajar lah…”

    Suka

  9. problem pemberantasan korupsi di Indonesia tidak cuma masalah sistem, tapi juga kultural

    buktinya masih banyak masyarakat Indonesia yang memberikan toleransi atas korupsi yang dilakukan orang lain karena beragam alasan:
    1. kasihan karena gajinya kecil
    2. kasihan biaya sekolah anak mahal
    3. nggak papa nyolong dikit, baiknya sudah banyak kok

    Suka

  1. Ping-balik: Apakah Ngeblog Itu Susah? | Yogie a.k.a Ple-Q Blog

  2. Ping-balik: Out of the box (revise) « Orek-orekan Dwi Pramono

  3. Ping-balik: Look Ma, The Special One… « ..:: Ari Wibowo ::..

  4. Ping-balik: fiandigital » Blog Archive » Awalnya Untuk Curhat, Sekarang Mesin Online Penghasil Uang

  5. Ping-balik: Loenpia dot net | Komunitas Blogger Semarang » Blog Archive » Peringatan hari blogger di Semarang

  6. Ping-balik: Sejarah Berdirinya Tugu Muda « My Cookies

  7. Ping-balik: Selamat hari blogger « My Blog

  8. Ping-balik: Lagi ketagihan dengerin TOTO! « bangSAT was here…!

  9. Ping-balik: Pertanyaan Kejam untuk Blog « Niffo Blog

  10. Ping-balik: Pantai Glagah | ViceAnt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s