Kantin Kejujuran

Sebuah ide brilian dalam menekan pertumbuhan korupsi. Namanya kantin kejujuran. Kantin dalam arti yang sebenarnya yaitu tempat kita jajan. Kantin kejujuran ini jumlahnya sekitar 1.000, menyebar di sekolah-sekolah. Di kantin ini, tiap pembeli mengambil sendiri barang yang dibeli, membayarnya dan mengambil kembaliannya sendiri. Tidak ada kasir maupun penjaga kantin. Jadi di kantin ini kejujuran benar-benar diperlukan.

Tujuan didirikan kantin kejujuran ini adalah sebagai usaha preventif dan edukatif. Usaha preventifnya yaitu mencegah berkembangnya budaya korupsi meluas sampai ke generasi muda. Sarana edukatifnya yaitu memberikan pelajaran tentang kejujuran, jika semua jujur maka kemungkinan korupsi tidak terjadi. Sukses tidaknya program ini dapat dilihat dari neraca keuangan kantin. Jika uang yang diperoleh sesuai dengan jumlah barang yang terjual maka program kantin kejujuran ini sukses. Tapi jika jumlah uang yang diperoleh tidak sesuai dengan barang yang terjual maka program ini belum sukses.

Jaksa Agung Hendarman Supandji dalam sambutannya ketika meresmikan kantin kejujuran di sebuah SMA mengatakan “jika rakyat tidak jujur, negara akan hancur”. Analog ini sebagai gambaran bahwa kantin diibaratkan sebuah negara. Jika pembelinya tidak membayar sesuai kewajibannya, maka modal yang dimiliki tentu akan tergerogoti. Kekayaan dalam sebuah negara akan habis jika ketidak jujuran yang merupakan basis sikap korup merajalela.

Saya kira bukan hanya rakyat yang harus jujur, malahan seharusnya para pemimpin lah yang paling awal untuk berlaku jujur. Apa artinya jika semua rakyat jujur tapi yang punya kekuasaan tidak jujur. Kejujuran seharusnya dicontohkan oleh para pemimpin. Saya kira kalau pemimpin jujur, mau tidak mau rakyat akan ikut jujur.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 30 Oktober 2008, in korupsi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Pertamaxxx…..
    waduh..baru denger nih kantin model gini🙂 dijamin ngga ya semua pembelinya bakal jujur?

    Suka

  2. Menurut saya, yang pertama harus dilakukan adalah jujur pada diri sendiri.. Jika itu sudah dilakukan dengan baik, kejujuran di semua bagian kehidupan ini akan tercipta dengan sendirinya..

    Suka

  3. wah, stubuh tuh… sgala dorongan/motivasi yang berawal dari diri sendiri itu lebih baik… hanya saja semua itu perlu bantuan dan pengingat🙂

    Suka

  4. kayaknya kantin seperti ini perlu di-frachise-kan nih… hehehe

    Suka

  5. yo rakyat, yo pemimpin, kabeh kudu jujur!!!

    *terakhir kali nyontek kapan ya?

    Suka

  6. yup, pemimpin harusnya bisa ajdi contoh yang baek, tapi di indonesia pemimpin malah jadi conto yang aneh2

    Suka

  7. Kantin ini bakal dimonitor juga kan? Kabar-kabarin hasilnya bagaimana..
    Mudah-mudahan semua yang terlibat jujur🙂

    Menyenangkan kalo tau masih banyak orang jujur di Indonesia🙂

    Suka

  8. Ide yang bagus…. Kita harus dukung…. Terobosan2 seperti ini

    Salam

    Popop

    Suka

  9. Yup, setuju…pemimpin harus memberi contoh agar bertindak jujur… Salam kenal😀

    Suka

  10. pernah baca di media, ada salah satu kantin yang akhirnya rugi… gara2 banyak yang gak bayar kali ya🙂

    boleh tu diusulin semuanya diumumkan mana yang untung, mana yang rugi, dan dipublikasikan biar siswa SMA-nya pada malu kalo gak bayar🙂

    Suka

  11. Pemimpin adalah panutan untuk semua.Tpai Jadi Pemimpin Jaman sekrang Susah karena memimpin orang yang tidak mau dipimpin.

    Suka

  12. ok, bagu snich beritanya, hasilnya gimana ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s