Mempertanyakan Kemerdekaan

logo hut RISemua orang mempertanyakan kemerdekaan. Apakah benar Indonesia telah merdeka? Begitu kira-kira pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang merasa perduli dengan bangsa ini. Mereka menganggap Indonesia belum merdeka. Bukti-bukti diajukan. Seperti, rakyat Indonesia belum terbebas dari kemiskinan, Indonesia masih tergantung dengan produk-produk import, sebagian besar sumber-sumber ekonomi yang penting dikuasai oleh asing, dan masih banyak lagi alasan dan bukti yang mereka kemukakan untuk membuktikan bahwa Indonesia belum merdeka.

Lalu…perjuangan para pahlawan sampai harus mengorbankan nyawanya, itu apa? Dan pembacaan proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 itu juga apa? Apakah itu bukan bukti kalau kita telah berjuang memperoleh kemerdekaan? Apakah itu bukan bukti tertulis kalau kita telah merdeka (proklamasi-red)?

Menurut saya, kemerdekaan adalah kita tidak lagi dijajah oleh bangsa lain. Titik. Kalau soal rakyat masih banyak yang miskin, banyak anak-anak usia sekolah yang belum mempunyai kesempatan untuk sekolah, sumber-sumber ekonomi masih banyak yang dikuasai oleh asing. Itu soal lain. Itu berkaitan dengan moral bangsa. Berdikari (berdiri dengan kaki sendiri) atau tergantung dengan bantuan orang lain. Mental baja atau mental tempe. Kalau selama ini kita menganggap Indonesia belum merdeka karena kita tidak punya jiwa merdeka. Tidak punya jiwa bangsa juara.

Kalau kalian masih menganggap Indonesia belum merdeka, itu tidak benar. Menurut saya, Indonesia telah merdeka tapi mental warga negaranya yang belum merdeka. Termasuk saya, yang tak punya mental merdeka, tak punya mental juara.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 21 Agustus 2009, in Asal tulis. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Ini postingnya abis liat postinganku ya Koi?

    *njegur kolam*

    Suka

  2. Merdeka = bebas melakukan apapun tanpa tekanan.
    Jadi siapapun yg masih merasa tertekan ya belum merdeka. Ngarahku sih ngono he…

    Suka

  3. Mosok kamu ga pernah juara lomba makan krupuk koi?

    Suka

  4. Good info, numerous thank you to the author. It’s puzzling to me now, on the whole, the usefulness in addition to significance is overpowering. Tremendously thanks once more and best of luck!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s