Kemerdekaan RI dan Ramadan

teks proklamasi
Apakah hubungannya antara kemerdekaan RI dengan Ramadan. Kalau dilihat arti secara kata tidak ada hubungannya. Kemerdekaan RI (Republik Indonesia – cuma mengingatkan jika mungkin lupa kepanjangannya) artinya secara kata adalah Terbebas dari penjajah yang menjajar Indonesia. Sedangkan Ramadan artinya adalah nama bulan yang berdasarkan penanggalan bulan atau penanggalan islam.
pidato presiden soekarno di RRI
Tapi jika kita menghubungkan kemerdekaan RI dengan bulan ramadan maka ada hubungannya karena kemerdekaan RI diproklamirkan saat bulan ramadan.
Tapi saya tidak ingin membahas tentang sejarah. Jika ingin membaca sejarah coba klik link ini.

Saya ingin membahas tentang Kemerdekaan RI dan Ramadan secara independen. Kemerdekaan RI artinya secara harfiah adalah terbebas dari penjajahan asing yang menjajah bangsa indonesia. Sedangkan dari sudut pandang lain banyak sekali pendapat. Bangsa Indonesia dibilang sebenarnya belum merdekalah, salah memaknai kemerdekaanlah, bangsa Indonesia tidak menghargai jasa-jasa pahlawannya lah, dan sebagainya.

Kalau boleh saya berpendapat. Kalau diumpamakan kemerdekaan RI yang diwariskan oleh para pejuang kepada kita itu seperti kita diwarisi sebuah rumah dengan isinya. Warisan itu tentu tidak akan kita jual wong kita hanya punya rumah itu satu-satunya. Lalu apa yang kita lakukan terhadap rumah itu? tidak lain adalah merawatnya. Kalau ada yang perlu direnovasi ya direnovasi, kalau ada yang perlu diganti bagian-bagiannya ya diganti.

Lalu bagaimanakah merenovasi atau mengganti bagian-bagian rumah (kemerdekaan) yang bijak, tentu dengan tidak meninggalkan filosofi dasar dari rumah tersebut. Misalnya dulu rumah tersebut bercorak jawa klasik kemudian dipugar total menjadi rumah gaya amerika. Menurut saya itu sangat tidak bijak. Yang bijak menurut saya merubah boleh lebih menjadi modern tapi filosofi dasar harus tetap kelihatan dari bangunan rumah tersebut. *kelihatannya ngelantur nih*

Sekarang tentang ramadan. Ramadan adalah bulan dimana umat islam yang beriman menjalankan puasa. Mengapa saya menyebut umat islam yang beriman karena di ayat yang menjadi dasar hukumnya menyatakan demikian. Jadi hanya umat islam yang beriman diwajibkan untuk berpuasa.

Puasa bukan sekedar menahan dari makan dan minum tapi juga menahan dari segala hawa nafsu. Puasa adalah hubungan personal antara Allah SWT dengan umatnya. Jadi hanya Allah saja yang tahu umatnya sebenarnya berpuasa atau tidak, dan pahalanya pun langsung yang menentukan adalah Allah SWT.

Kemerdekaan RI dengan ramadan punya kesamaan dalam hal hikmah. Jika kemedekaan RI adalah saat dimana kita merdeka dan dengan kemerdekaan itu bagaimana kita meningkatkan rasa patriotisme. Sedangkan ramadan adalah bulan dimana kita seharusnya meningkatkan keimanan kita. Hahahaha….ternyata kesamaannya cuma kata meningkatkan…

ya sudahlah…Selamat! hari ini kita masih tetap merdeka. Selamat! hari ini saya masih diberikan kesempatan untuk berpuasa

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 16 Agustus 2010, in opini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. I discovered this very useful and most excellent android tasbeeh app for adhkars and supplications as well as Wazaifs. This is one of the need to have app for keeping your adhkars in regular routine. I believe you will also love this app. This Application is available 100 % free to download from Google Play.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s