3 Hari di Oktober Menjadi Sejarah

akibat gempa mentawai
Tiga hari itu adalah Selasa, Rabu, dan Kamis. Tiga hari itu sama juga dengan tanggal 26, 27, dan 28 Oktober 2010. Tanggal 26 Oktober adalah hari dimana terjadi gempa di kepulauan Mentawai yang menyebabkan gelombang tsunami menerjang pulau Pagaiselatan. Gempa berkekuatan 7,2 SR itu juga menyebabkan 164 orang meninggal (berita kompas, 27 okt 2010) dan 500-an lebih orang hilang.

Tanggal 27 oktober adalah hari dimana gunung merapi kembali meletus, tepatnya pada jam 17.30 sore. Berita terakhir yang saya tahu, korban meninggal 25 orang dan ratusan orang masuk rumah kasih karena terkena awan panas maupun karena paparan abu vulkanik. Mbah Marijan yang selama ini identik dengan juru kunci gunung merapi juga menjadi korban meninggal. Saat ini warga yang selamat masih berada di pengungsian.
akibat gunung merapi meletus
Bertepatan dengan meletusnya gunung merapi, hari itu tanggal 27 oktober juga merupakan hari bersejarah bagi pegiat dunia online khususnya yang suka nge-blog yaitu hari blogger.

Tanggal 28 oktober tentu kita sudah tahu semua karena sudah menjadi hari yang sudah menjadi sejarah dan diperingati setiap tahunnya, yaitu hari sumpah pemuda. Hari yang menjadi tonggak keinginan pemuda-pemudi seluruh nusantara untuk menyatukan visi dan misi. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Indonesia.

Ada hubungan antara bencana gempa mentawai dan gunung merapi meletus dengan sumpah pemuda dan hari blogger. Adanya bencana menyebabkan orang-orang bersatu padu untuk menolong korban gempa atau gunung meletus. Berita tentang bencana itu juga menyebabkan media online semakin ramai. Para blogger dan pegiat online lain berkoordinasi dengan menggunakan media online.
Mungkin dengan memberikan bencana Tuhan ingin mencolek kita, Pemuda pemudi untuk benar-benar bersatu bukan cuma dalam bingkai peringatan sumpah pemuda.

sumber gambar : kompas.com

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 28 Oktober 2010, in Catatan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. letusan gunung merapi belum juga mereda, bantuan untuk tsunami mentawai masih kurang terdistribusi dengan baik

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s