Gaji Naik.. Yes, Kinerja Belakangan

naik gaji

Mungkin itu penyakin orang Indonesia yang bekerja pada pihak lain (perorangan, badan usaha, pemerintahan, dll). Saya bilang mungkin karena saya tidak pernah melakukan survei atau penelitian tentang itu. Saya hanya bertanya pada teman-teman satu kantor. Dan mereka rata-rata menjawab : “Naik gaji itu HAK, dan setiap tahun gaji itu harus naik”.Jadi, intinya setiap tahun gaji itu harus naik, soal kinerja atau hasil kerja, itu tidak menjadi pikiran mereka (orang yang bekerja pada pihak lain). Naik gaji itu tradisi, dan tradisi itu harus dilestarikan, katanya. Hasil kerja bukan urusan, yang penting aku hanya melaksanakan KEWAJIBAN.

Saya tidak munafik. Setiap tahun saya juga ingin naik gaji, bahkan kalau bisa setiap bulan naik gaji *menghayal*. Tapi apakah kita tidak pernah berpikir, kalau gaji kita terus naik sedangkan kinerja kita stagnan atau bahkan menurun. Hal tersebut akan menghancurkan karir kita di perusahaan. Menghancurkan karir dalam arti terjadinya PHK karena biaya terus membengkak sedangkan pendapatan stagnan. Saya punya pikiran seperti ini karena di perusahaanku sekarang mengalami hal seperti ini *curcol*.

Di perusahaanku, kinerja karyawan datar-datar saja, tidak ada peningkatan, hasil penjualan datar-datar saja. Di lain sisi, biaya gaji dan biaya-biaya lain terus naik. Akhirnya yang terjadi adalah bahaya siaga 1.

Pemikiran gaji naik terus, kinerja bukan jadi perhitungan ternyata bukan hanya didominasi pekerja rendahan seperti saya. Itu, yang di atas, yang masih jadi berita hangat di televisi. Walaupun dia tidak secara tersurat menyatakan harapannya. Tetapi misalkan ada teman kita yang bilang “sudah tiga hari saya tidak makan”, masak kita tidak berbaik hati mengasih makan, walaupun teman kita tadi tidak minta makan, tapi kita sebagai teman seharusnyalah memberi makan pada teman kita.

Begitu juga dengan pemimpin kita, walaupun dia tidak secara tersurat mengharapkannya, tetapi dari pernyataannya sudah tersirat akan hal itu. Jadi, mari kita bantu pemimpin kita itu. Kita bantu doa. Semoga dibukakan pintu hatinya, bahwa masih banyak rakyat yang penghasilannya seper seribu penghasilan pemimpin kita itu.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 26 Januari 2011, in Asal tulis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

