Berguru Kepada Sang Nabi

Berguru Pada NabiBerguru Kepada Sang Nabi, itulah judul buku yang saya review ini. Dari judulnya tentu kita sudah bisa menebak apa kira-kira isi dari buku ini.

Sang Nabi yang dimaksud disini merujuk pada Nabi Muhammad, walaupun sebenarnya bukan cuma kisah Nabi Muhammad yang menjadi pelajaran. Contohnya ada kisah tentang tetangga Nabi Musa yang masuk surga, atau juga kisah Nabi Luth tentang penyimpangan seksual.

Dalam buku ini dicontohkan banyak sekali pelajaran-pelajaran yang dapat kita petik dari Nabi. Beberapa contoh pelajaran itu dibagi dalam beberapa bab. Bab-bab yang dibahas diantaranya tentang kehidupan rumah tangga, mendidik anak, bertetangga, silaturahim, berbakti kepada orang tua, jodoh, kesehatan, ibadah, kematian, dll. Tiap-tiap bab masih dibagi lagi menjadi beberapa sub bab.

Dalam tiap pokok bahasan, penulis menuliskan jabarannya dan dikuatkan dengan hadist ataupun ayat Al-Qur’an. Salah satu contoh teladan yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga adalah tentang tersenyum. Penulis menguraikan apa itu tersenyum dan membeberkan contoh dari sebuah hadist yang diriwayatkan HR Ibnu Sa’ad yang berbunyi :

Aisyah ra suatu hari ditanya oleh seorang sahabat: “Bagaimana Nabi saw ketika berada di rumah?” Aisyah ra menjawab, “Beliau adalah orang yang paling lunak hatinya, mudah tersenyum dan mudah tertawa.”

Dan masih banyak lagi contoh dari kehidupan nabi yang bisa kita teladani yang dijabarkan dalam buku ini.

Dengan membaca buku ini, saya rasa sudah cukup bagi kita untuk menjadi pedoman menjalani kehidupan secara baik sesuai dengan ajaran agama maupun sesuai dengan yang dicontohkan nabi.

Setelah membaca buku ini ada sesuatu yang kurang, ada beberapa istilah arab yang tidak saya pahami. Penulis tidak memberikan keterangan atau catatan kaki untuk istilah-istilah arab tersebut. Walaupun di buku, istilah-istilah tersebut diberikan ketebalan atau pun huruf miring. Selebihnya, buku ini sangat memberikan inspirasi bagi kita yang ingin meneladani Nabi.

Buku ini bisa dibeli secara online di daharaprize.net atau pun di toko-toko buku terdekat.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 7 Juli 2011, in Catatan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Dear,

    buku ini memang bagus saya udah membelinya di gramedia cukup murah cuma 35rb aja harganya…palagi ada wacana bahwa ” untuk semua hal yang manis, untuk semua hal yang membahagiakan, untuk semua hal yang suci, untuk semua hal yang indah, untuk semua hal yang baik kita diharuskan untuk berpositif thinking sama Allah SWT..apalagi yang contoh cara Nabi memuji istri dan contoh nabi bercanda dengan sahabat dengan tidak berbohong dan tidak menyinggung, dan semua itu terangkum dalam kisah yang bagus banget…tks inponya Sanji0ne 🙂

    Regards

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s