Event Besar Gemanya Tak Terdengar

logo copa americaBulan Juli ini ada dua event besar sepakbola, yaitu copa america dan sepakbola dunia wanita. Untuk sepakbola wanita saja saya tidak tahu dimana berlangsungnya. *males googling* Kalau yang copa america saya tahu dimana tuan rumahnya, yaitu Argentina.

Masyarakat Indonesia biasanya sangat antusias dengan event sepakbola. Coba lihat ketika ada piala dunia atau piala eropa. dari masyarakat biasa sampai perusahaan pasti mengadakan yang namanya nonton bersama. Tapi kenapa pada pagelaran copa america dan piala dunia wanita, acara-acara nonton bersama tidak ada dan sepertinya emang tidak ada.Menurut pendapat saya, ada beberapa faktor penyebabnya. Pertama, waktu penyelenggaraan yang berlangsung di pagi hari di saat semua orang bersiap-siap untuk melakukan aktivitas, jam 4 pagi s/d jam 8 pagi. Bandingkan dengan event piala eropa yang berlangsung di saat orang-orang (indonesia-red) sedang dalam waktu istirahat.

Kedua, istilah ‘tak kenal maka tak sayang’ rupanya berlaku untuk event copa america dan piala dunia wanita. Orang-orang Indonesia tidak pernah menonton muka-muka pemain yang bermain di copa america, yang dikenal pun hanya beberapa dari mereka yang bermain di eropa. Nama Leonel Messi yang merupakan pemain dunia terbaik saat ini dan Alexis Sanchez yang merupakan pemian bintang masa depan yang menjadi incaran klub-klub top dunia, rupanya tidak menjadi jaminan banyak orang yang menonton copa america. Apalagi pemain-pemain sepakbola wanita, saya sama sekali tidak ada yang kenal.

Karena alasan tidak ada perhatian terhadap sepakbola wanita, sampai-sampai beberapa pemain sepakbola wanita bertelanjang ria untuk mencari perhatian. Sayang sekali, cara yang salah.

Ketiga, tidak adanya promo yang besar-besaran. Entah sudah ada promo tapi saya tidak tahu itu mungkin saja. Tapi saya rasa promonya memang kurang. Mengenalkan produk yang tidak dikenal dengan promo besar-besaran adalah harga mati jika produk itu ingin dikenal, tak terkecuali event sepakbola.

Dari tiga penyebab tidak menggemanya event sepakbola copa america dan piala dunia wanita, menurut saya yang paling berpengaruh adalah faktor ‘tidak kenal maka tidak sayang’. Seperti sebuah produk, kita tentu akan membeli produk jika kita kenal dengan produk tersebut, jika tidak kita tentu akan pikir-pikir dulu untuk membeli produk tersebut.

Jadi, apakah anda tahu perkembangan copa america dan piala dunia wanita?

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 11 Juli 2011, in berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. aku gak tau kenapa tp siaran Copa Amerika ini memang tidak sebaik siaran bola di eropa bahkan kualitasnya kalah dengan piala dunia/eropa junior

    Suka

  2. @didut : kalau kulitas siaran emang kalah sama eropa, tapi menurutku kalau kualitas permainan gak kalah dengan eropa

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s