Internet Bukan Dunia Bebas

Internet memang bukan dunia nyata tetapi bukan berarti tidak ada aturan atau etika. Di internet tetap berlaku aturan dan rambu-rambu yang harus dipatuhi. Walaupun rambu-rambu itu hanya sebatas himbauan, anjuran, advice, dll kata sejenisnya. Kecuali kalau aturan itu datang dari pemerintah, harus dipatuhi meskipun peraturannya sangat abu-abu dan banyak orang menentang.

Karena keingintahuan tentang peraturan dan rambu-rambu di internet, komunitas blogger semarang atau loenpia *membusungkan dada* mengadakan #kober (kopdar bermutu) dengan tema ‘etika dan keamanan internet‘.Sebagai pembicara tunggal *karena gak ada yang lain* adalah sam ardi, seorang pakar forensik IT, dia bilang sendiri kepada saya ketika ditanya kerja dimana.

Mengawali acara, pembicara memutar video yang pernah saya lihat sebelumnya di akber semarang. Tapi tetap saja yang saya pahami hanya sedikit. Maklum tidak cakap bahasa inggris. Walaupun gitu, saya dapat menangkap sedikit saja inti dari video itu yaitu internet penggunaannya itu terus berkembang, apalagi di Indonesia. Maafkan jika kesimpulan saya salah.

foto bersama di depan kober juli 2011

Menurut sam ardi, internet memang dunia yang bebas. Karena kebebasan itulah kita harus berhati-hati, jangan sampai orang dapat bebas mengakses data pribadi kita. Jika seseorang sampai bisa menguasai akun-akun kita di internet, itu sangat berbahaya, bisa-bisa kita dirugikan atau nama tercemar. Misalnya si A, kesehariannya alim, eh facebooknya di hack orang, dan di facebooknya si A tersebut di kasih gambar-gambar xxx. Apa itu tidak mencemarkan nama baik.

Kasus Ibu Prita adalah kasus terhangat yang berkaitan dengan etika dan keamanan internet. Menurut pembicara, email-email keluhan Ibu prita yang sampai ke media itu sudah dimodifikasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ibu Prita tidak pernah menyebutkan nama RS yang menjadi bahan keluhannya. Belajar dari kasus Ibu Prita, makanya kita harus berhati-hati.

Sam ardi juga memberikan beberapa tips agar aman jaya sentosa lancar jaya dalam berinternet ria. Poin-poinnya yaitu :

  • membuat status jangan berlebih lebihan, jangan terlalu alay, berbau sara, menghina, dan status-status lain yang dapat menyalakan kompor.
  • jangan lupa untuk log out setelah berinternet ria, log out semua akun-akun yang telah kita buka ketika selesai berinternet
  • jangan mudah membagi user name dan password pada orang lain termasuk pacar (kata pembicaranya-red). Kalau bagi-bagi makanan sangat dianjurkan, tapi bagi-bagi password dilarang keras.
  • jangan asal approve setiap permintaan pertemanan di facebook, lihat dulu fotonya cantik atau tidak, lihat dulu infonya, dan ada tidak mutual friends.

Sebenarnya masih ada beberapa tips lain yang diberikan, tapi males ah nulisnya, suruh siapa gak ikut. Eh…tapi kalau masih penasaran bisa baca disini atau disitu

intinya…dalam berinternet harus hati-hati dan WASPADALAH !!!

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 15 Juli 2011, in berita and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s