Workshop Nulis, Foto dan Video. Keren!

foto bersama peserta workshopSaya sebut keren karena dapat menambah pengetahuanku tentang banyak hal, dan bagiku sangat memberikan banyak pencerahan. Acara yang diadakan loenpia dan bekerjasama dengan langsat ini diadakan di Taman Budaya Raden Saleh Semarang. Acara berlangsung dari jam 09.00 pagi sampai 14.00 ini juga di dukung oleh beberapa sponsor.

Setiap peserta yang datang mengisi absen sesuai kelas yang diikuti dan akan mendapatkan modul pelatihan dan sebuah pin. Tiap kelas menempati pendopo yang telah disediakan. Tiap peserta harus mengisi kuisioner sebelum pembicara memulai menjelaskan materi yang akan diberikan.

workshop fotoAku jadi bingung mau ikut workshop yang mana karena ketiganya keren-keren. Akhirnya dengan sedikit diskusi dengan teman aku ikut workshop foto dulu.

Fotografi? Fotografi adalah proses menghasilkan sebuah foto dengan sebuah kamera, baik itu dengan kamera hape, kamera pocket, maupun kamera profesional semacam kamera DLSR. Menurut pembicaranya, sasha namanya. Sebuah foto disebut karya fotografi jika foto tersebut hanya diolah dengan fasilitas yang ada dalam kamera, bukan hasil editan dengan software semacam photoshop atau corel. Kalau sebuah foto hasil olahan software itu namanya lain lagi.

Tidak lupa mbak sasha juga memberikan contoh foto dan menjelaskan tentang foto tersebut. Seseorang tidak hanya butuh teknik tapi juga jam terbang untuk menghasilkan sebuah foto yang berkualitas.

Menurut pembicara, tidak ada yang salah dalam sebuah foto. Foto ngeblur, foto ‘keterangen’, foto ‘kegelapan’  itu bukan sebuah kesalahan karena katanya ada aliran dalam fotografi dengan foto-foto hasil karya mereka seperti foto ngeblur, foto ‘keterangen’ dan foto ‘kegelapan’.

Ada beberapa teknik yang diberikan mbak sasha, yang merupakan mantan fotografer kompas khusus balapan. Teknik pertama, perhatikan letak matahari. Dengan mengetahui letak matahari kita bisa tahu foto jenis apa yang akan kita hasilkan. Teknik kedua, bidik moment terbaik. Tips ini yang paling sulit karena untuk mencari moment yang baik dibutuhkan waktu yang tepat dan posisi pengambilan foto yang tepat.

suasana workshop nulisApalagi ya? Aku tidak tahu tips selanjutnya karena aku ingin berpindah ke workshop menulis. Walaupun sudah ketinggalan jauh untuk materi workshop nulis tapi ada sedikit tips yang nempel di otakku. Menulis dengan hati, tulis apa saja yang ada dalam pikiranmu. Banyak-banyaklah menggali ide. Itulah beberapa tips yang diberikan Pakde Tyo (pembicara workshop nulis-red).

Pengen pindah lagi ke workshop video, tetapi ternyata sudah selesai. Ya udah akhirnya kumpul-kumpul dengan teman-teman dari loenpia untuk makan siang. Sebelum acara ditutup, tim dari internet sehat memberikan paparannya tentang internet sehat. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta workshop dan panitia.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 25 Juli 2011, in berita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. yess ono fotoku hihihihi

    Suka

  2. fotoku ndi? *urek2 kingkong*

    Suka

  3. ki do ngopo tho
    *keplak siji2*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s