Anugrah Kemerdekaan Jangan Sia-siakan

logo kemerdekaan RI 66Saya sebut anugrah karena kemerdekaan yang kita raih ini pertolongan Tuhan Yang Maha Esa. Hal mengenai ini juga diakui dalam pembukaan UUD 1945 yang berbunyii :

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”

Kita bisa menyebut kemerdekaan kita atas usaha sendiri jika kita bisa mengalahkan tentara Jepang, tetapi pada kenyataannya kita tidak pernah bisa mengusir tentara jepang dari Indonesia. Kemerdekaan kita dikarenakan memanfaatkan situasi sulit pemerintah jepang. Di saat tentara Jepang sedang down mentalnya setelah kekalahan dari sekutu yang dipimpin amerika.

Pertolongan Allah Yang Maha Esa melalui bom yang dijatuhkan di Hirosima dan Nagasaki oleh sekutu. Karena dua bom nuklir itulah kemudian Jepang menyerah kepada sekutu. Pertolongan Tuhan dengan meminjam tangan sekutu.

Bukannnya ingin mengecilkan perjuangan pejuang dalam rangka memperoleh kemerdekaan, tapi memang kemerdekaan Republik Indonesia itu dianugrahkan oleh Allah Yang Maha Esa. Kenapa Allah menganugrahkan kemerdekaan kepada Indonesia? Tak lain karena usaha para pejuang yang tak kenal lelah memperjuangkan kemerdekaan. 350 tahun lho…mereka memperjuangkan kemerdekaan. Sungguh, bukan waktu yang sangat singkat. Karena perjuangan yang tidak kenal lelah itulah kemudian Tuhan memberikan bantuan-Nya agar Indonesia merdeka.

Setelah merdeka bukan berarti perjuangan kita berakhir, tapi masih ada perjuangan lain yang tak kalah lama dalam mewujudkannya. Yaitu perjuangan memberantas korupsi, perjuangan mengurangi pengannguran yang semakin bertambah tiap tahun, dan perjuangan penegakan hukum yang adil.

Jadi, kita telah merdeka dari penjajahan militer tapi kita belum merdeka dalam beberapa hal seperti yang saya sebut di atas. Jadi mari kita perjuangkan pemberantasan korupsi, pengurangan pengangguran, dan penegakan hukum mulai dari diri kita sendiri.

DIRGAHAYU HUT RI KE-66

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 16 Agustus 2011, in Catatan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s