Apa Itu Zakat

Secara syar’i atau rukun islam, zakat itu wajib bagi setiap orang muslim yang secara perhitungan layak untuk mengeluarkan zakat. Apabila dihitung ternyata penghasilan atau harta setelah digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masih ada sisa penghasilan atau harta, maka seseorang tersebut wajib membayar zakat.
Walaupun wajib, tapi masih banyak orang muslim yang enggan membayarnya.

Zakat sebenarnya apa sih? menurut Pak Ustad yang saya dengar ceramahnya, zakat bukan diambil dari harta kita. Pak Ustad memberikan sebuah contoh. Misalnya kita membeli pisang, pisang yang kita beli tersebut tentu tidak akan kita makan seluruhnya, hanya daging pisang yang kita makan. Sedangkan kulitnya kita buang. Lha! zakat itu bisa diumpamakan seperti kulit pisang.

Seorang muslim yang mempunyai harta tapi tidak mau membayar zakat itu seperti seseorang yang makan pisang, tidak hanya daging pisang saja yang dimakan tapi kulitnya juga dimakan. Serakah banget. Orang jawa bilang nggragas.

Jadi kalau ada pertanyaan mengapa harus berzakat, jawabnya adalah biar tidak disebut serakah. Buat anak sekolah jawaban saya tadi jangan digunakan untuk menjawab soal ujian di sekolah ya, karena itu jawaban vesi saya.

Dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa zakat itu membersihkan harta kita. Dari perumpamaan saya di atas kalau dinalar benar juga apa yang dinyatakan dalam Al-Qur’an. Pisang yang kita beli di atas, sesungguhnya yang menjadi hak kita hanyalah daging daging pisang saja karena itu yang akan kita makan. Sedangkan kulit pisang, walaupun kita membeli pisang beserta kulitnya tapi itu kan tidak akan kita makan juga. ya kan?

Jadi kenapa anda tidak membayar zakat jika sudah mampu.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 24 Agustus 2011, in Catatan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Assalamualaikum,

    Nambahin dikit ya..
    Alasan lain kenapa kita harus keluar zakat adalah dimana setiap harta yang kita peroleh itu mengadung harta para fakir miskin….dan alangkah baiknya setiap harta yang kita peroleh kita berikan kepada para mustahiq (8 golongan penerima zakat) dengan tujuan mensucikan harta kita… karena nanti harta kita akan kita pertanggungjawabkan diakherat nanti…
    Selain karena alasan “mampu” , bayar zakat bisa timbul adanya kesadaran karena disebutkan dalam Al-Qur’an…”orang yang fasik itu mempunyai ciri diantaranya makan harta dari golongan fakir”…
    nah cukup jelas..kalau kita tidak bayar zakat berati kita makan harta fakir dan masuk golongan fasik..

    nice and good writing….:)

    Wassalamualaikum…

    Suka

  2. Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1432 H
    “MOHON MAAF LAHIR BATHIN”
    TAQOBALALLOOHU MINNA WA MINKUM,
    SHIAMANAA WA SHIAAMAKUM
    _________________________________
    http://udiendkab.wordpress.com/2011/08/29/seuntai-doa-di-akhir-ramadhan-menyambut-iedul-fitri/

    Suka

  3. stad, ada gak alasan mengapa orang enggan bayar zakat?

    Suka

  4. @rahmat hidayat : orang beranggapan harta kekayaannya adalah jerih payahnya sendiri, bukan karunia Allah SWT, jadi mereka jadi sayang dengan hartanya sehingga enggan untuk berbagi atau membayar zakat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s