Ruang Konflik

Konflik tidak akan terjadi jika tidak diciptakan. Penciptaannya dilakukan dengan melakukan suatu aksi yang memancing reaksi dari pihak lain yang tidak terima atau tidak sesuai dengan pihak yang menciptakan aksi tersebut. Aksi kontra terjadi karena tidak adanya pengertian atau toleransi, atau bisa juga karena aksi yang dilakukan sudah tidak dapat ditolerir lagi.

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok)
Tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat.

Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial. sumber wikipedia

Konflik terjadi dalam sebuah ruang, baik itu terbuka maupun tertutup. Ruang tempat bertemunya orang-orang atau berkumpulnya kesamaan jenis profesi, golongan, ataupun kesamaan keinginan.

Sebuah konflik yang dapat diselesaikan dalam ruangan itu bagus. Yang tidak bagus adalah jika konflik tidak dapat diselesaikan dalam ruangan dan merembet keluar ruangan.

Konflik yang sedang marak di Indonesia ini adalah konflik yang tidak dapat diselesaikan dalam ruang yang tersedia. Konflik tersebut merembet ke luar ruangan.

Kenapa konflik bisa merembet keluar ruangan? Pertama, karena masing-masing pihak mempertahankan pendapat atau keinginannya. Keras kepala dan tidak adanya toleransi serta saling pengertian. Kedua, karena tidak ada bagian keamanan atau aparat penegak hukum dan peraturan yang secara tegas mencegah konflik untuk tidak keluar dari ruang. Kalau saja aparatnya tegas, tentu konflik tidak akan sampai merembet keluar ruang.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 5 Oktober 2011, in Catatan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s