Nilai Ekonomis Sedot Pulsa

Dulu pernah mau nulis tentang ini. Tetapi setelah BRTI memerintahkan untuk menghentikan semua layanan sms premium, aku mengurungkan niat untuk menulisnya, karena aku pikir kenapa harus dipermasalahkan, wong pemerintah sudah menyelesaikan permasalahan dengan menghentikan layanan sms premium sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Draf aku buang dari komputer.

Hari ini, jum’at 21 oktober 2011, beberapa hari setelah pengumuman tentang penghentian sms premium. Ponsel kantor mendapat sms pemberitahuan tentang perpanjangan langganan i-ring, tidak tanggung-tanggung, perpanjangan i-ring sejumlah 3 buah lagu. Wih…! kok bisa-bisanya langganan 3 buah lagu dalam satu SIM card. Saya tanya satu-satu karyawan yang biasa pakai. Semua bilang TIDAK.

Karena kejadian ini, tanganku jadi gatel untuk membangkitkan kembali draf tulisan tentang sedot pulsa ini yang telah saya hapus dari komputer. Tapi saya tidak ingin komplain, saya hanya ingin membahas nilai ekonomis dari kegiatan sedot pulsa ini.

Ini misalkan saja. Misalnya sebuah operator memiliki pelanggan 10 juta, dan setiap harinya operator tersebut mengirimkan sms premium perpanjangan i-ring (hanya contoh saja) untuk 10% saja dari seluruh pelanggannya, jadinya 1 juta pelanggan yang dikirimi sms perpanjangan i-ring. Misal untuk setiap perpanjangan i-ring pelanggan dikenai tarif @ Rp 5.000,- jadi 1 juta pelanggan dapat 5 miliar (wih..! gede banget). Bukan itu saja, pelanggan yang tidak tertarik untuk menggunakan i-ring, lebih memilih untuk unreg, maka setiap sms unreg pelanggan dikenai tarif @Rp 500, dan misalkan yang tidak tertarik untuk menggunakan i-ring adalah separuh dari pelanggan yang dikirimi sms perpanjangan, berarti ada 500 ribu pelanggan yang melakukan unreg, dan hasil dari unreg pelanggan adalah 250 juta. Lumayan juga.

Jika sms perpanjangan i-ring dilakukan kontinyu setiap bulannya, betapa besar penghasilan yang diperoleh operator dari usaha selain layanan utamanya. Sedangkan pelanggan…rugi

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 21 Oktober 2011, in Catatan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. aku nggak pernah langganan rbt lagu apapun.πŸ˜€
    eman-eman pulsa. dulu simpati 9900/lagu sebulan.
    nggak tau kalo sekarang.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s