Sepeda Gravel Genio Scappa Setelah Diubah atau Upgrade Menjadi Sepeda Commuter atau Sepeda Klasik

sepeda gravel setelah diubah menjadi sepeda commuter atau sepeda klasik

Sepeda gravel Genio Scappa diubah menjadi sepeda commuter karena satu hal yang mengganjal. Saya tidak puas dengan kinerja drivetrain bawaan pabrik Genio Scappa yang menggunakan sensah reflex. Perpindahan gigi kurang smooth, shifter kurang responsif, dan lain-lain. Maka pilihannya untuk membuat sepeda lebih nyaman dipakai yaitu dengan upgrade sepeda. Hambatan untuk upgrade part drivetrain menjadi lebih bagus adalah harga part-nya yang mahal. Contohya brifter, untuk upgrade menjadi claris saja perlu uang lebih dari 1 jutaan. Akhir memilih upgrade dengan cara mengubahnya menjadi jenis sepeda lain.

Pilihannya upgrade yaitu mengubahnya menjadi sepeda commuter dengan part yang lebih murah tetapi tetap lebih baik dari pada part bawaan Genio Scappa. Beberapa part yang diubah yaitu shifter, yang dulunya sensah reflex menjadi shimano claris 2 x 8 speed model flatbar, handlebar yang dulunya dropbar flare tanpa merek menjadi handlebar flat rise bar dari genio, otomatis tuas rem-nya juga berubah menjadi tektro, crankset yang sebelumnya tanpa merek dan masih menggunakan BB kotak, diubah menjadi crankset shimano claris double 34/50T, front derailleur (FD) dari tanpa merek menjadi FD shimano claris, begitu juga dengan RD-nya, dari sensah reflex 8s menjadi shimano claris 8 speed, hub freehub depan belakang dari tanpa merek dan masih pelor menjadi hub freehub dari speed dan sudah bearing. Sadel sepeda dan rantai juga diupgrade menjadi lebih baik kualitasnya.

Asesoris bel sepeda, lampu sepeda, tas sepeda, dan holder botol minum untuk sepeda adalah tambahan untuk kenyamanan selama bersepeda atau gowes. Sangat sedikit sekali pengaruhnya terhadap kinerja dari sepedanya.

About sanji0ne

bukan apa-apa, hanya manusia biasa, yang ingin berbagi dengan sesama

Posted on 20 Desember 2021, in Catatan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar